Selasa, 15 Januari 2013

“PERAN PENTING AKUNTANSI MANAJEMEN DI PERUSAHAAN JASA”


Artikel ini saya buat untuk memenuhi tugas mata kuliah Akuntansi Manajemen di Fakultas Ekonomi UNMUH Ponorogo yang saat ini saya tempuh di semester 5

“PERAN PENTING AKUNTANSI MANAJEMEN DI PERUSAHAAN JASA”
A Pengertian Akuntansi Manajemen
Pada dasarnya system informasi akuntansi ada dua yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Namun disini kita akan membahas peranan Akuntansi Manajemen di perusahaan jasa. Sebelum kita bicara lebih lanjut, saya akan memaparkan pengertian Akuntansi Manajemen itu sendiri.
Definisi akuntansi manajemen menurut beberapa ahli:
  1. Akuntansi manajemen menurut Charles T. Homgren (1993, hal.4) definisi akuntansi manajemen diartikan sebagai berikut : "Akuntansi manajemen (Management Accounting) adalah proses identifIkasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi".
  2. akuntansi manajemen menurut Wikipedia. Akuntansi Manajemen atau Akuntansi Manajerial adalah sistem akuntansi yang berkaitan dengan ketentuan dan penggunaan informasi akuntansi untuk manajer atau manajemen dalam suatu organisasi dan untuk memberikan dasar kepada manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang akan memungkinkan manajemen akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan fungsi kontrol.
  3. pengertian akuntansi manajemen menurut Henry Simamora (1999:12) adalah: Proses pengidentifikasian, pengukuran, penghimpunan, penganalisisan, penyusunan, penafsiran dan penyampaian informasi yang membantu para manajer dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi

Dari berbagai definisi diatas dapat saya simpulkan bahwa Sistem akuntansi manajemen yaitu penyatuan bagian manajemen yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset guna menghasilkan informasi untuk pengguna internal, seperti manajer, eksekutif, dan pekerja.
Berbeda dengan Informasi Akuntansi keuangan, Informasi Akuntansi manajemen adalah:
1.  Dirancang dan dimaksukan untuk digunakan oleh pihak manajemen dalam organisasi sedangkan informasi Akuntansi keuangan dimaksudkan dan dirancang untuk pihak eksternal seperti kreditur dan para pemegang saham;
2. Biasanya rahasia dan digunakan oleh pihak manajemen dan bukan untuk laporan publik;
3. memandang ke depan, bukan sejarah;
4. Dihitung dengan mengacu pada kebutuhan manajer, sering menggunakan sistem informasi manajemen, bukan mengacu pada standar akuntansi keuangan.
Hal ini disebabkan karena penekanan yang berbeda: informasi akuntansi manajemen digunakan dalam sebuah organisasi, biasanya untuk pengambilan keputusan.

B. Pengertian Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa) dengan maksud meraih keuntungan. Akan tetapi, perusahaan jasa juga membutuhkan produk berwujud dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya. Misalnya, perusahaan angkutan menawarkan jasa transportasi kepada masyarakat. Untuk mendukung usahanya, perusahaan membutuhkan sarana transportasi berupa mobil atau bus.

Dari pengertian di atas, perusahaan jasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Produk yang ditawarkan berupa benda tidak berwujud (jasa). Jasa merupakan sesuatu yang tidak bisa dilihat, tetapi manfaatnya bisa dirasakan.
b. Perusahaan dan konsumen kesulitan untuk mengukur tingkat harga jasa. Tingkat harga merupakan sesuatu yang bersifat tidak mutlak karena mahal atau tidaknya harga yang ditetapkan perusahaan tergantung tingkat kepuasan konsumen.
c. Produk yang ditawarkan tidak bisa disimpan dalam bentuk persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada perusahaan tempat konsumen membeli jasa.

menurut wikipedia, jasa atau layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Contoh dari bisnis jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah:
1. Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankan
2. Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan dan perbaikan
3. Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi
4. Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan
5. Administrasi umum: pendidikan, pemerintah.


C. Peranan Akuntansi manajemen Di Perusahaan jasa
Setelah dikupas mengenai pengertian akuntansi manajemen dan perusahaan jasa, saya akan mencoba menjelaskan keterkaitan yang ada dikeduanya. Akuntansi manajemen bagi perusahaan jasa sangat penting pengaruhnya. Misalnya perusahaan jasa di bidang perbankan. Informasi manajemen dibutuhkan manajer untuk membuat strategi sejauh mana bank tersebut harus mengedepankan kepuasan para nasabahya.


2 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus
  2. Ini yang saya cari untuk tugas kuliah saya, terimakasih penjelannya sangat berguna :)

    BalasHapus